Bagaimana Memotivasi Siswa Belajar Matematika

Bagaimana Cara Memotivasi siswa Belajar matematika ?

Ada apa dengan pelajaran matematika sehingga  membuat anak-anak  tidak begitu bisa menerima? Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan bahwa siswa kehilangan minat antara tahun sekolah dasar dan sekolah menengah, dan banyak yang tidak mendapatkan kembali minat sampai mereka masih kuliah atau lebih sehingga perlu sekali memotivasi siswa belajar matematika.

memotivasi siswa belajar matematika

Menurut lembaga tes masuk perguruan tinggi , hanya 45 persen lulusan sekolah menengah yang siap untuk matematika tingkat perguruan tinggi. Data ini mencerminkan tantangan yang dihadapi para guru ketika mereka sedang belajar bagaimana memotivasi siswa untuk mencintai matematika.

Berikut 10 Cara untuk meningkatkan motivasi siswa belajar matematika

Sama seperti orang dewasa perlu termotivasi untuk memberikan yang terbaik, begitu juga anak-anak. Berikut adalah beberapa strategi yang menggunakan ekstrinsik serta motivasi intrinsik untuk menginspirasi pikiran muda untuk mencintai matematika.

 

Dibangun pada Keterampilan Siswa Menguasai

Teknik yang efektif adalah menyusun pembelajaran berdasarkan apa yang sudah dikuasai siswa. Ketika Anda membangun keterampilan yang membuat siswa merasa nyaman, itu akan memberi mereka rasa pendampingan. Anda juga akan belajar cara memotivasi siswa untuk menginginkan lebih banyak.

Tunjukkan Manfaat untuk Matematika di Dunia Nyata

Elemen penting untuk mengalihkan siswa ke matematika adalah untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana itu digunakan dalam kehidupan mereka. Banyak anak tidak mengerti bahwa alat yang mereka gunakan setiap hari (Twitter, Instagram, dan SMS) berasal dari seorang insinyur. Ketika Anda membantu siswa membuat hubungan ini, pada gilirannya dapat memotivasi mereka, dan mereka akan dapat menghargai bagaimana matematika dapat diterjemahkan ke dalam karier.

Cara Memotivasi Siswa untuk Menetapkan Sasaran yang Dapat Dicapai

Bantulah siswa menetapkan suatu tujuan untuk dikerjakan. Mulai dari yang kecil, dan setelah mereka mencapai tujuan pertama mereka, pindah ke yang lebih tinggi. Setelah siswa mendapatkan cita-cita mencapai tujuan mereka secara teratur, itu akan memotivasi mereka untuk berjuang bahkan lebih.

cara memotivasi siswa mau belajar matematika

Menyajikan Tantangan yang Wajar

Hadirkan siswa Anda dengan tantangan yang baik dalam jangkauan mereka dan dapat memuncak kegembiraan mereka. Lagi pula, sulit memotivasi kecintaan pada matematika jika tidak ada antusiasme di belakangnya. Anak-anak menyukai tantangan dan ini bisa menjadi faktor kunci untuk membuat siswa Anda tertarik pada subjek.

 

Gabungkan Teknologi ke dalam Pelajaran

Anak-anak menyukai teknologi dan kapan pun Anda dapat memasukkannya ke dalam pelajaran Anda, semakin baik. Ada banyak aplikasi matematika di pasar yang menyediakan siswa dengan permainan yang menantang atau setidaknya, sudut pandang yang berbeda untuk mendekati masalah. Gunakan mereka dengan murah hati.

 

Bersemangat Saat Mempersembahkan Matematika

Pemicu lain yang kuat untuk menumbuhkan kecintaan pada matematika adalah antusiasme Anda sendiri saat mengajar. Anak-anak cenderung melampirkan nilai untuk setiap mata pelajaran, dan ketika mereka melihat guru mereka (atau orang tua) menghargai matematika, maka mereka juga akan memahami pentingnya.

 

Memikat Siswa dengan Masalah Matematika Ajaib

Sihir adalah sesuatu yang membingungkan orang, dan kadang-kadang semua yang diperlukan untuk memotivasi seorang siswa untuk mencintai matematika adalah memberi mereka satu masalah membingungkan yang dapat membuat mereka terpikat. Misalnya, masalah ulang tahun adalah masalah matematika yang terkenal berdasarkan pada premis bahwa setidaknya dua siswa di kelas akan memiliki hari ulang tahun yang sama. Singkirkan ruang kelas Anda dan itu mungkin saja katalis yang Anda butuhkan.

permainan matematika

Bermain permainan

Buatlah matematika menarik dengan menggunakan matematika rekreasional untuk memotivasi siswa, seperti teka-teki, permainan papan, dan manipulatif. Catur dapat mengajarkan siswa untuk menyusun strategi dan menghitung, sementara permainan lain dapat mengajarkan keterampilan yang berhubungan dengan matematika untuk membantu menjaga pikiran mereka tetap tajam.

Gabungkan Musik ke Pelajaran Anda

Banyak siswa yang tidak menyadari betapa eratnya hubungan musik dengan matematika — setiap genre bekas menggunakan perhitungan dalam beberapa cara dan kelas Anda akan sangat diuntungkan dari memahami hubungan ini.

 

Apa yang menyebabkan Matematika tidak terlalu disukai oleh sebagian siswa

Di kelas hari ini, matematika diajarkan sebagai alat prosedural dan tidak lebih. Guru yang efektif akan mengambil strategi yang tercantum di atas untuk tidak hanya memotivasi siswa untuk melekat pada pelajaran, tetapi juga melihat matematika dalam cahaya baru yang lebih dapat diterapkan. Presentasikan subjek yang sering ditakuti ini dengan cara yang akan disukai dan dilihat oleh para siswanya!

Saya ingin meluangkan waktu untuk menentang asumsi Anda. Kecuali Anda memikirkan siswa tertentu yang ingin Anda lihat termotivasi, maka Anda mengasumsikan bahwa “tidak termotivasi untuk belajar matematika” adalah keadaan standar. Ini benar-benar kebalikan dari pengalaman saya. Anak-anak muda suka belajar matematika, hampir secara universal.

Kemudian, karena materi menjadi kurang relevan atau guru yang lebih jelas atau bagus dengan pemahaman yang diperlukan menjadi lebih tipis di tanah, semakin sedikit siswa yang tertarik pada matematika, tetapi tidak pernah ada titik ketika semuanya benar-benar terasing. Sedikit yang beruntung mengembangkan hubungan cinta seumur hidup dengan matematika. Mengapa kita melihat pola ini?


Program layanan dari Mathtutors.Id


Satu-satunya penjelasan yang masuk akal bagi saya adalah bahwa matematika secara inheren menarik, tetapi cara itu diajarkan di sekolah-sekolah mengalir keindahan dan kesenangan langsung dari itu. Siswa kehilangan minat dalam matematika karena kami mengajari mereka. Jika ini benar, maka pertanyaan yang Anda tanyakan persis mundur. Sebagai gantinya kita harus bertanya: Bagaimana kita bisa menghentikan demotivating siswa dari belajar matematika?

 

Salah satu cara yang telah melihat penggunaan yang baik di Jepang dan di sekolah Montessori adalah membalik ruang kelas. Memiliki fokus utama pada siswa yang menyelidiki masalah mereka sendiri atau dalam tim, datang dengan metode mereka sendiri dan meneruskannya satu sama lain. Tantangan yang jatuh ke guru dalam pengaturan seperti empat hal berikut :

1) Memilih masalah dalam jangkauan siswa cenderung mengarah ke berbagai metode solusi

2) Mempertahankan tingkat dorongan terhadap eksplorasi siswa, dan mempromosikan sikap dukungan yang sama antara siswa dan rekan-rekan mereka.

3) Memperhatikan dengan cermat apa yang setiap siswa lakukan sehingga mendorong secara oportunistik metode yang bermanfaat untuk perhatian kelas. Jika beberapa jalan sebagian besar belum dijelajahi, membimbing seorang siswa yang tampaknya terjebak ke arahnya.

4) Mengumpulkan dan mensintesis hasil penyelidikan sehingga dapat dirangkum dan didemonstrasikan untuk seluruh manfaat kelas. Nilai bonus jika siswa itu sendiri menunjukkan metode yang mereka gunakan, dan menerima kredit abadi untuk mereka.

Semoga artikel bagaimana cara memotivasi siswa belajar matematika ini bermanfaat bagi orangtua, pendidik di sekolah atau guru les privat matematika dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan pemahaman  siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *